Onjur

08.24 0

Tidak Mengkhawatirkan Bisnis Walaupun Dalam Rumah, Begini Cara Pengusaha Mengatasinya.


https://economy.okezone.com/read/2018/04/06/320/1883297/buka-bisnis-jasa-pengetikan-sasar-mahasiswa-bermodal-rp6-jutaan

Jakarta (23/03/2020) – Masyarakat dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah guna upaya untuk mengurangi resiko penularan COVID-19. Oleh karena itu, sebagian orang terpaksa harus melakukan pekerjaannya sebatas dalam rumah saja, tidak terkecuali pengusaha. Mau tidak mau para pengusaha harus melanjutkan bisnisnya dari rumah.

“pesan saya ke pengusaha, tetap jaga optimisme tanpa menghilangkan kewaspadaan.” Pesan Ibu Sri Mulyani dikutip dari laman Bisnis.com. Telah diketahui bahwa keadaan perekonomian global saat ini sangatlah menurun.

Beruntungnya, para pengusaha tidak perlu mengkhawatirkan kinerja bisnis mereka walaupun hanya didalam rumah saja karena saat ini begitu banyak bantuan teknologi yang mampu menjaga kestabilan bisnis.

Menerapkan komunikasi yang intens dengan klien merupakan kunci penting dalam menjalankan bisnis, dengan komunikasi yang baik pengusaha dapat mengerti keinginak para klien. Kebetulan, teknologi saat ini sangat mendukung komunikasi jarak jauh, meskipun didalam rumah para pengusaha masih mampu berkomunikasi dengan para klien.

Sosial media pun adalah teknologi yang sangat membantu pemasaran bisnis para pengusaha dikarenakan rata-rata nya masyarakat sekarang kebanyakan memantau sosial media, maka dari itu menarik pelanggan melalui pemasaran di sosial media tentunya bukan hal yang salah. Sama seperti Ibu Angel, pengusaha spare part mobil. Dia mengatakan bahwa usahan ya masih lancar karena pemasaran lewat sosial media meski ditengah perekonomian global yang turun.

Perlu diketahui juga bahwa digitalisasi bisnis dapat sangat memudahkan bisnis para pengusaha untuk berkembang dan juga mampu meringkas proses pekerjaan. Selain itu, pengusaha juga mampu meminimalisisr kesalahan dengan menggunakan software bisnis dan juga mampu memudahkan pengelolaan banyak hal termasuk penggunaan invoice.

Saat ini, software digital invoice  membuat wsktu pengiriman lebih cepat karena bisa dikirim via email ataupun whatsapp dan juga membantu meminimalisir budget operasional bisnis.

 

Pengusaha UMKM di Jakarta yang bergerak di bidang percetakan, Bapak Andre mengatakan bahwa digital invoice memberikan keuntungan bagi bisnisnya. Ia bisa mengirim invoice langsung lewat email atau Whatsapp tanpa menggunakan jasa kurir yang bisa memakan waktu lama dan perlu membayar ongkos kirimnya. Ini sangat penting saat ini dimana, orang-orang tidak berkeliaran diluar  rumah dan social distancing. Pak Andre bisa menggunakannya secara cuma-cuma dengan Paper.id.

Paper.id merupakan platform bisnis digital gratis #1 di Indonesia yang berkomitmen untuk membantu UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasikan bisnis mereka.
Pengelolaan bisnis dimana saja dan kapan saja!
 


0 Comments for "Onjur"